Enter your keyword

Lomba Cerdas Cermat Ekonomi (LCCE) 2014 Pendidikan Ekonomi

             Ilmu ekonomi tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia, dari anak-anak hinga dewasa meski tidak merasakan secara langsung. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang terus mengalami peningkatan, maka proporsi penduduk usia produktif pun akan terus meningkat hingga 2025. Secara demografis, besarnya proporsi penduduk usia produktif tersebut merupakan potensi bagi pembangunan. Karena itulah dilakukan berbagai upaya peningkatan sumber daya manusia dengan menggali potensi muda Indonesia, baik perseorangan maupun kelompok.

            Salah satu upaya dilakukan oleh para mahasiswa pendidikan ekonomi, dengan diadakannya Economics Education Day oleh Pendidikan Ekonomi UNY. Salah satu dari kegiatan tersebut diwujudkan dalam Lomba Cerdas Cermat Ekonomi (LCCE) yang dilaksanakan pada tanggal 04 juni 2014 di Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

            Kegiatan LCCE berlangsung dari pukul 07.00 WIB hingga 22.00 WIB. Acara pertama adalah babak penyisihan dimana para peserta memasuki ruang kelas yang telah disediakan dan mengerjakan soal ekonomi yang nantinya hanya akan menghasilkan 8 tim yang masuk babak Top Eight dari 11 tim peserta. Setelah Coffee Break, babak Top Eight dimulai dimana para peserta mengambil amplop yang disediakan dan menjawab pertanyaan yang ada di dalamnya. Setelah ishoma, para peserta yang lulus ke babak Top Five berebut soal yang di bacakan oleh pembawa soal dengan menekan bel yang telah di persiapkan di meja masing-masing peserta. Peserta yang lolos adalah SMA N 1 Purbalingga, SMA Metro Lampung, SMA N 1 Banjarnegara Tim A, SMA 10 Samarinda, dan SMA N 1 Surakarta. Setelahnya, para peserta tersebut di uji soal studi kasus dan mempresentasikan hasil diskusi bersama teman satu timnya, setelah 12 menit mendiskusikan kasus yang di berikan panitia dengan amplop.

            Pemenang LCCE 2014 sendiri adalah juara I dari SMA Metro Lampung, juara II adalah SMA 1 Banjarnegara Tim A, dan juara III dari SMA N 10 Samarinda. Juara Harapan I SMA N 1 Surakarta dan Juara Harapan II sendiri SMA N 1 Purbalingga. Dari semua rangkaian acara ini para peserta terlihat sangat antusias dan suasananya pun ramai dan kuatnya ikatan pertemanan antar siswa SMA yang mengikuti LCCE ini sangat terlihat.

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

92 − = 87